Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 TH.2023-2024

  

Perangkat Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 TH.2023-2024
Perangkat Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 TH.2023-2024

Sahabat belajar Kurmed - Dalam Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran yang menjadi pegangan untuk guru/pendidik dalam melaksanakan pembelajaran baik dalam maupun di luar kelas mereka.

Di dalam proses pembelajaran guru memiliki kecelakaan dalam menentukan dalam berbagai perangkat pembelajaran sehingga di dalam proses belajar mengajar dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa dan minat siswa dalam belajarnya. 

Di dalam kurikulum Merdeka ini terdapat projek untuk penguatan pencapaian Profile Pelajar Pnacasila dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang di tetapkan oleh pemerintah pusat. Yang nantinya kan bertujuan untuk mencapai target pencapaian pembelajaran tertentu sehingga tidak terikat pada konsep mata pelajaran itu saja. dalam hal ini ada modul ajar semester 1 dan modul ajar semester 2

Perangkat ajar dalam kurikulum Merdeka ?   

 Perangkat ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Perangkat ajar meliputi modul ajar, buku teks pelajaran, video pembelajaran serta bentuk lainnya


    Menurut Zuhdan, dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran.

Apa gunanya perangkat pembelajaran ?

Perangkat pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar dalam kurikulum merdeka dapat berupa RPP, modul ajar, modul projek, Instrumen Evaluasi atau Tes Hasil Belajar (THB), serta media pembelajaran
 

Perangkat pebelajaran Kurikulum meliputi

  •     Silabus. ...
  •     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ...
  •     Kalender Akademik. ...
  •     Program Tahunan (Prota) ...
  •     Program Semester (Promes) ...
  •     Rincian Pekan Efektif. ...
  •     Buku Absen. ...
  •     Buku Jurnal. 

Dimaksud Modul Ajar 

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Modul ajar Terdiri dari :

sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. 

Komponen Modul Ajar

  • Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Komponen modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya
  • Guru di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar murid.

Konsep Modul Ajar

  • Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP).
  • Jika satuan pendidikan menggunakan modul ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih lengkap dibanding RPP.
  • Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.
  • Satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai perangkat ajar, termasuk modul ajar atau RPP, dengan kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan murid.

Tips Membuat Modul Ajar untuk Kurikulum Merdeka

  1. Menganalisa kondisi dan keperluan siswa serta satuan pendidikan. ...
  2. Memperhatikan profil pelajar Pancasila sebagai dasar acuan penyusunan. ...
  3. Menentukan alur tujuan pembelajaran. ...
  4. Menyusun modul ajar berdasarkan unsur komponen yang telah tersedia.

 Berikut ini kami akan bagikan Perangkat Pembelajaran dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Kelas 1 semester 1 dan semester 2 TH.2023-2024 Silakan di gunakan dan didownload serta di edit sesuai kebutuhan teman guru sekalian.

Perangkat pebelajaran Kurikulum merdeka silakan download di sini

Modul Ajar Kurikulum merdeka silakan download di sini

Alur Tujuan Pembelajar Kurikulum merdeka download disini

ATP merupakan singkatan dari Alur Tujuan Pembelajaran yang ada pada bagian Kurikulum Merdeka. Alur Tujuan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka (ATP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang sudah disusun secara sistematis dan logis dalam fase capaian pembelajaran secara utuh dari fase awal hingga akhir.

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk pendidikan dasar dan menengah, CP disusun untuk setiap mata pelajaran.
 
Capaian pembelajaran kurikulum merdeka ialah pembaruan dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang dirancang untuk menguatkan fokus pembelajaran terhadap pengembangan kompetensi.
Terimakasih Semoga bermanfaat dan salam Kuriukulum merdeka.