Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ruang Talenta Guru Untuk Guru Honorer Tidak LULUS PPPK Guru 2023 dan Lulusan PPG Prajabatan 2023

 

Ruang Talenta Guru
Ruang Talenta Guru

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh

Sahabat Belajar Kurmed dalam Kesempatan Kali ini kami akan berbagi mengenai Informasi Terkait Ruang Talenta Guru Untuk Guru Honorer Tidak LULUS PPPK Guru 2023 dan Lulusan PPG Prajabatan 2023

    Bahwasanya sudah Rilis Sisten Pengankatan PPPK Guru 2023 tentunya bagi Yang tidak Lulus PPPK baik itu Tidak mendapat formasi, Kalah perengkingan dan tidak bisa daftar maka nanti akan ada Seleksi Sistem terbaru yaitu dalam Talenta Guru.

Dalam Pasca Revisi UU 20/2023 tentang ASN yang mana mengenai Kebutuhan ASN Guru dan Tendik Tahun 2024. Bahwasanya Visi besar Pemenuhan Kebutuhan Guru satuan Pendidikan belum berjalan dengan optimal  sehingga pendidikan merekrut Guru honorer dengan kualifikasi akademik,

 Kualitas dan kompetensi yang belum terjamin dan Honor tidak tersetandart. Sehingga tinggi nya jumlah Guru honorer yang direkrut oleh satuan pendidikan untuk mengisi kebutuhan  terjadinya masih adanya Guru honorer sulit di Angkat untuk PPPK guru di Tahun sebelumnya.

Sehingga untuk Kebutuhan Formasi PPPK Guru dan Tendik Tahun 2024 sepanjang 2 Tahun terakhir belum maksimal. 

 Pada Tahun ini diperkirakan perekrutan 601 174 formasi namun yang diajukan pemda hanya 296.059 

Selain itu ada juga Kebutuhan Formasi tendik lain sebanyak 82.717 

Sehingga bisa mengakomodasi di bagi guru yang belum lulus PPPK Tahun 2023.

Sebanyak 62.527 individu Guru yang telah memiliki nilai melampaui Ambang Batas taahun 2021 merupakan proritas utama pasa seleksi guru ASN PPPK Tahun 2023. Perlakuan. Proritas ini dapat dilakukan sepanjang formasi usulan oleh Pemerintah Daerah dengan demikian sampai dengan pendaftaran seleksi Tahun 2023, baru terdapat 59 248 (80,4%) Guru PG Tahun 2021 yang telah dibuka formasinya. 

 Upaya pemerintah melakukan pemenuhan kebutuhan Guru pada Sekolah Negerj dua Tahun eterakgir masih belum maksimal 5444.292 (43,7%) Guru yang telah lulus menjadi ASN PPPK dari 1.244.961 formasi yang di butuhkan

Nantinya Ruang Talenta Guru Platform akan menghubungkan calon guru dengan KS/Satdik yang memiliki kekosongan Guru, serta memfasilitasi Kemendibudristek dalam menempatkan Guru dengan beasiswa/intensif Ke daerah dengan suplly/peminat rendah. 

 Dalam Hal ini Raung Talenta Guru ini terdapat mareketplace itu sediakan dan diubah menjadi ruang talenta Guru.

Seperti halnya berikut kerekteria yang akan masuk ke platform raung talenta Guru yaitu : 

  1. Guru yang mengikuti Seleksi SSCASN. Proses mendaftar, pelaksanaan, dan pengumuman kelulusan terjadi di ekosistem BKN baik untuk Guru honorer, guru Baru baik yang sudah terdaftar di dapodik.
  2. Guru yang mengikuti Pendidikkan PPG Prajab (beasiswa dan Non beasiswa). Data Guru lulusan PPG sebagai pool Supply

Kedua keterangan diatas bahwasanya menjadi data Guru yang sudah lulus SSCASN sehingga akan dialihkan ke ekosistem RTG sebagai pool Supply. Sehingga akan melaksanakan Seleksi kembali setelah lulus akan di aliran sehingga akan dialihkan ke Ruang Talenta Guru tersebut.

Demikian Informasi Tentang Ruang Talenta Guru Untuk Guru Honorer Tidak LULUS PPPK Guru 2023 dan Lulusan PPG Prajabatan 2023 yang dapat Kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Jika Informasi ini bermanfaat Jangan Lupa share terimakasih. 

Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.