Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

E Kinerja 2024 Untuk Guru dan Kepala Sekolah Melalui PMM (Platform Merdeka Mengajar)

 

e kinerja Guru dan Kepala Sekolah
E Kinerja 2024 Untuk Guru dan Kepala Sekolah Melalui PPM (Platform Merdeka Mengajar)

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh

    Sahabat Belajar Kurmed dalam Kesempatan Kali ini kami akan berbagi mengenai Informasi Terkait E Kinerja 2024 Untuk Guru dan Kepala Sekolah Melalui PPM (Platform Merdeka Mengajar)

    Mulai Januari 2024, Pengelolaan Kinerja bagi Guuru dan Kepala Sekolah dilakukan Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang terintregrasi dengan aplikasi E-Kinerja BKN.

    E Kinerja 2024 Untuk Guru dan Kepala Sekolah Melalui PPM (Platform Merdeka Mengajar) sebagai ASN seharusnya melakukan ini.

    Berdasarkan Surat Edaran bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Menteri Pendidkan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomer 16 tahun 2023 dan nomer 9 Tahun 2023 tentang Sisten Informasi Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara Guru.

    Untuk guru dan Kepala Sekolah Bahwa Transformasi Pengelolaan E kinerja ini sebagian dari pengelolaan ASN yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. KemenPANRB melakukan Transformasi pengelolaan Kinerja yang di atur melalui 

PermenPANRB No.6 Tahun 2023  Tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara serta PermenPANRB No.1 Tahun 2023.

Serta bagaimana Kita melakukan Transformasi Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah Mengapa ? 

Alasannya sebagai berikut 

Terdapat tiga pihak untuk untuk manfaatnya terkait dengan Hal ini :

  1. Sebagai Pegawai : bahwa ini alat untuk merencanakan, melaksanakan, dan meningkatkan Kinerja sesuai Ekspedisi pimpinan.
  2. Sebagai Pimpinan : Bahwa alat dalam mengelola Kinerja pegawai secara individu dan kolektif agar bisa berdaya mencapai Tujuan dan sasaran organisasi 
  3. Bagi Pemerintah Daerah : Sebagai alat dalam pengelolaan Kinerja seluruh unit untuk mencapai Tujuan dan sasaran Pemerintah Daerah 

Di atas ini semua Pegawai mendapatkan pengakuan atas Kinerja yang menunjang Transformasi Pembelajaran yang berorientasi pada Peserta Didik.

  • Merdeka dari beban administrasi 

Diharapkan dapat merdeka untuk guru dan Kepala Sekolab merdeka dari beban Administrasi, merdeka memilih indikator yang Relevan dan merdeka untuk Kinerja yang berdampak.

Kita ketahui bahwa sebelumnya Pegewai tersisa waktunya untuk urusan administrasi serta atasan dan pemda perlu merevisi dokumen secara manual.

Diharapkan bahwa Sesudah di berlakukannya inj bahwa penyelalarasan dan percepatan proses melalui teknologi dan terintregarasj pengelolaan Kinerja Daerah. Serta lebih sedikit dokumen yang harus disiapkan dan direvisi oleh atasan dan Pemda.

Sebelumnya kita ketahui bahwa Pegawai diukur dengan banyak indokatir dab pementaan kebutuhan peningkatan ekoinerja sulit dilakukan, karena indikatir terlalu banyak. Karena di harapkan nantinya.

Pegawai memilih salah satu indikator Kinerja yang paling Relevan untuk ditingkatkan. Serta, atasan dan Pemda dapat menyusun Prioritas Indikator sesuai Kondisi Sekolah dan Daerah. 

  • Merdeka Untuk Kinerja yang berdampak 

Bahwa sebelumnya tekanan untuk mencapai Kinerja sempurna hanya melahirkan perubahan di atas kertas karenanya nanti.

Pegawai melakukan peningkatan Kinerja berbasis observasi Kinerja serta, atasan dan Pemda Fokus mendukung Peningkatan Kinerja gabv berdampak pada nyata untuk pembelajaran peserta didik.

Berikut 3 tahapan pengolahan Kinerja yang lebih praktis dan bermakna, untuk mendorong peningkatan Kinerja yang Relevan dengan pembelajaran.

Dengan melakukan 

  • Perencanaan : tersedia 8 indikator Kinerja yang terintergrasi dengan Rapot Pendidkan 

Guru dan kepala sekolah hanya milih 1 indikator Kinerja yang jnvun ditingkatkan dan berdampak pada peningkatan Kualitas Pembelajaran. 

  • Pelaksaan : Berdiskusi, Observasi, Diskusi Tindak Lanjut, Upaya Tindak Lanjut, Rwfleksi Tindak Lanjut (Siklus Ini dilakukan Secara Teratur) 
 Dilakukan antara guru dan kepala sekolah.
  • Penilaian : Penilaian didasari dari 3 aspek yang Relevan pasa peningkatan: Upaya Refleksi, Upaya Belajar, Perubahan Praktik.

Penilaian ini melakukan peningkatan Kinerja juga mempertimbangkan aspek Perkembanvan Kompetensi yang dilakukan. 

Tahapan di atas dalam pengelolaan Kinerja lebih teratur dan dilakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. 

Dalam Hal ini ada 8 pilihan Indikatir Kinerja yang terintregrasi dengan Rapor Pendidikan sehingga nantinya kan berdampak Langsung pada Pembelajaran 

Indikator Kinerja Guru dalam hal ini Indikator kinerja Guru merupakan Turunan dari Indikator Kualitas Pembelajaran pada Rapor Pendidkan sebagaimana dalam Hal: 

  1. Keteraturan Suasan Kelas 
  2. Aktivitas Interkatif 
  3. Penerapan Disiplin Positif 
  4. Instruksi yang Adatif 
  5. Undangan balik Konstruktif 
  6. Instruksi Pembelajaran 
  7. Perhatian dan Kepeduian
  8. Ekspetasi pada Peserta Didik.

Indikator Kinerja Kepala Sekolah yaitu 

  1. Memandu Perencanaan Pembelajaran 
  2. Siklus peningkatan kualitas praktik Pembelajaran 
  3. Komunikasi Visi-misi satuan pendidkan 
  4. Menceritakan Praktik baik Kepemimpinan
  5. Presentasi Progam Sekolah
  6. Refleksi Progan Pemngembaangan Kompetansi Guru
  7. Refleksi Pengelolaan Kurikulum satuan Pendikan 
  8. Aktivitas Kegiatan Komunitas belajar 
Demikian Informasi Tentang PE Kinerja 2024 Untuk Guru dan Kepala Sekolah Melalui PPM (Platform Merdeka Mengajar) yang dapat Kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Jika Informasi ini bermanfaat Jangan Lupa share terimakasih. 

Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.