Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Nasib Kategori B dan Kategori A dalam Pelaksanaan PPG Daljab 2024.

Nasib Kategori B dan  Kategori A
Pelaksanaan PPG Daljab 2024.

Dalam Pelaksaan PPG terdapat Sasaran Ketegori B maupun Juga sasaran Ketegori A. Tentunya sampai Sekarang belum juga terpanggil PPG dalam Jabatan 2024.

Pada Pelasanaan PPG bagaimanakah nantinya untuk sasaran kategori A dan Ketegori B. Tentunya bagi peserta PPG ini menantikan Surat Edaran yang akan di keluarkan oleh kemendikbud.

Terkait Dengan pendaftaran dan seleksi administrasi Pendidikan Profesi Guru di Tahun 2024.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Pelaksanaan PPG Dalam Jabfan tahun 2024 mengetahui nasib Kategori B dan Kategori A.

Dalam Surat Edaran di tahun 2023 tanggal 27 Mei 2023 perihal pendaftaran dan seleksi administrasi pendidikan Profesi Guru (PPG)

Di jelaskan bahwa 

Sasaran Kategori A yaitu guru yang telah dinyatakan Lulus seleksi administrasi pada tahun 2022 sebanyak 352.668 orang. Sedangkan

Sasaran Kategori B yaitu guru yang belum mengikuti atau belum lulus seleksi administrasi sebanyak 564.387 orang.

Perlu diketahui bahwa :

Bagi guru sasaran Ketegori A tidak perlu mengikuti seleksi administrasi tahun 2023. Guru sasaran kategori A perlu melakukan penyesuaian bidang studi karena adanya perubahan nomenklatur Bidang Studi PPG dalam Jabafan tahun 2023, mulai tanggal 10 sampai dengan 15 Juni 2023.

Sedangkan bagi guru kategori B wajib mengukti administrasi mulai tanggal 30 Mei 2023 sebagaimana informasi sesuai dengan jadwal pada tabel. Lineritas.

Persyaratan agar dapat di unggah melalui laman ppg.kemendikbud.go.id

Lantas bagaimana Nasib Kategori A dan Ketegori B ini. 

1. Proses penentuan calon peserta seleksi administrasi.

Harus Prestest 

  • Sasaran Kategori A ( Lulus administrasi Belum Lulus Pretest)
  • Sasaran Kategori B (Lulus administrasi belum pernah pretest)
  • Peserta verval sasaran 1 (Lulus Prestest berubah bidang studi)

Sementara itu, peserta sasaran kategori B harus melalui seleksi administrasi dengan memenuhi prasyarat yang ditetapkan, termasuk pengisian biodata dan upload berkas pendukung.

2. Tahap administrasi Harus lulus

Setelah tahap administrasi, proses seleksi akademik menjadi penentu lanjutan bagi calon peserta. Tahun 2023 menunjukkan bahwa seleksi akademik menjadi kurang relevan, dengan hanya sekitar 30% peserta yang mengikutinya.
 

Seluruh kategori guru akan diminta untuk memperbarui data mereka. Kemudian, proses seleksi administrasi akan berlangsung, di mana peserta dari kedua kategori akan diberi kesempatan untuk mengikuti seleksi sesuai ketentuan terbaru.

Dalam hal ini, terdapat perubahan signifikan terkait kuota peserta. Jumlah guru yang ikut PPG dalam jabatan akan meningkat dari sebelumnya.

3. Peluang Kategori A dan Kategori B

Sasaran kategori A dan B memiliki peluang yang sama untuk terpanggil, dengan jumlah peserta yang diploting mencapai ribuan.

Bagi peserta PPG dalam jabatan, terutama yang masih menanti panggilan, tahun 2024 membawa harapan baru. Peluang untuk terpanggil menjadi lebih terbuka dengan adanya pemutakhiran data dan peningkatan kuota peserta.

Namun, tetap penting bagi para peserta untuk terus memantau informasi terkini melalui platform resmi yang disediakan oleh Kemendikbud, agar tidak ketinggalan tahap-tahap seleksi yang akan dilaksanakan.

 
Demikian Informasi terkait Penjelasan Nasib Kategori B dan  Kategori A dalam Pelaksanaan PPG Daljab 2024.  Dalam Jabatan  yang dapat Kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Jika Informasi ini bermanfaat Jangan Lupa share terimakasih. 
 
Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.