Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya KEMDIKBUD Sertifikasi Semua Guru Akan Sertifikasi Tahun ini

Semua Guru Akan Sertifikasi Tahun ini
Upaya KEMDIKBUD Sertifikasi Semua Guru Akan Sertifikasi Tahun ini

Tercatat dalam satuan sekolah ada sekitar 1,598.889 yang belum sertifikasi termasuk dalam sekolah naungan Negeri dan Swasta. Ini juga termasuk PNS. PPPK dab Non ASN.

Tentunya Kemendikbudristek melakukan beberapa upaya penuntasan ini yang mana guna mendapatkan sertifikat secara menyeluruh di Indonesia tentunya.

Yang mana pesebarannya ini menyangkut semua nya. sajikan 6 Upaya KEMDIKBUD untuk Penuntasan Sertifikasi Guru 2024 yang pastinya akan menjadi Kabar Gembira Guru PNS, PPPK, Honorer, GTY karena Seluruh Guru Akan Segera Dapat Sertifikat Pendidik tahun 2024. 

Upaya KEMDIKBUD Penuntasan Sertifikasi Guru 2024 ini sebagai pelengkap  sebelumnya tentang update info ppg daljab 2024 terbaru yaitu Skema PPG Dalam Jabatan 2024 dan Transformasi PPG Dalam Jabatan Mulai Tahun 2024 yang membedakan pelaksanaan ppg daljab 2024 dengan ppg daljab 2023. 

Berikut ini kami akan sampaikan dalam artikel ini beberapa upaya yang dilakukan Kemendibudristek dalam menuntaskan guru yang belum sertifikasi.

 Upaya KEMDIKBUD Sertifikasi Semua Guru Akan Sertifikasi Tahun ini

1. Pendataan nantinya secara merata untuk guru Yang sertifikasi dan Non sertifikasi.

Kemendibudristek sudah melakukan pendataan untuk guru Yang belum sertifikasi ini yang berjumlah 1,3 juta guru yang telah bersetifikat pendidika (44.96%) dengan sisa yang belum sebanyak 1,59 juta guru.

Baik itu disekolah Negeri maupun di sekolah swasta yang bertugas sebagai guru.

Guru yang belum akan menjadi fokus di tahun ini. Kemendibudristek dalam melakukan penuntasan tersebut.

Data di atas di dapatkan dari data dapodik perjanuari 2024 yang disesuaikan dengan kelulusan UMKMPPG.

Persebaran ini sudah ditata semua mulai dari guru PNS, Guru PPPK dan Guru Non ASN.

Tentunya guru swasta akan menjadi target juga yang koutanya terbanyak 

2. Melakukan Penyelesaian progam PPG secara bersinergi.

Dalam Hal sinergi berkelanjutan yang mana kemendikbud telah mempersiapkan untuk melakukan penyelesaian Untuk guru dengan jumlah 1.598.889 ini yang belum sertifikasi.

Artinya secara terus menerus dilakukan dari tahun 2024 akan terselesaikan sebanyak jumlah 550.000 guru. Kemudian di tahun 2025 sebanyak 550.000 dan di tahun 2026 sebanyak 599.988 guru yang akaan bersetifikat guru.

Ini merupakan penyelesaian dan akan selesai sampai tahun 2026 nantinya untuk guru baru akan di ambil dari guru prajabatan yang telah menyelesaikan sertifikasi.

3. Kemendibudristek melakukan fleksibilitas dalam peserta PPG 

Dalam penentuan ini Kemendibudristek telah memprioritaskan dari jumlah guru yang belum bersetifikat ini baik dari jenis Kepegawaian yang berbeda untuk peserta di tahun 2024 yang akan menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Baik itu dari intansi, jenis ijazah dan yang lainnya penentuan nantinya lebih disesuaikan karena disampaikan kandidat dalam PPG (pendidkan Profesi Guru) di tahun 2024 sebanyak 576.961 orang ini baik yang telah lulus seleksi administrasi dan telah mengikuti serta lulus seleksi akademik di tahun 2023.

Tidak ada lagu seleksi akademik pun nanti akan terpanggil dengan terus berfleksibilitas ini. Dengan ketentuan seleksi ppg 

4. Proses seleksi di permudah (tanpa seleksi akademik)

Dalam Hal Proses seleksi ini Kemendibudristek mempermudah serta tidak akan mengadakan seleksi akademik atau tidak ada proritas akademik dalam pendidikan profesi guru. 

Kita ketahui bahwa di tahun 2023 untuk Tes tentunya harus di undang untuk mengikuti PPG tersebut. 

Selanjutnya peserta akan melakukan pendaftaran pada verval SIMPKB masing-masing, kemudian akan ikut seleksi administrasi 

Tentunya ini juga ada yang lulus dan ada yang tidak pada Seleksi administrasi ini.

Berbeda di tahun 2024 ini. Proses seleksi nanti akan dilakukan permutahiran data secara berkelanjutan dan terus menerus setelahnya akan ikut seleksi akademik.

Peserta tentunya akan terus memonitor akun SIMPKB masing-masing, apakah sudah dibuka untuk pemutahiran data guru.

Untuk permutahiran data dapat dilakukan di dapodik sekolah anda. Apakah upload berkas sesuai dengan ketentuan.

5. Proses pendidikan di permudah.

Jika di taahun sebelumnya mahasiswa melakukan pembelajaran dengan LMS (learning manajemen System) yang mana keterlibatan dosen ini sangat penuh.

Untuk waktu pendidikan berdasarkan TMT peserta mahasiswa tersebut yang mana jumlah mahasiswa sebanyak 40.000 pertahun langsung 5 kali lipat.

Sedangkan di tahun 2024 ini Pendidkan Profesi Guru tergantung kemampuan mahasiswa ppg tersebut.

Ini akan lebih fleksibel apakah akan langsung menyelesaikan atau di tunda dulu artinya peserta bisa dapat mengikuti uji kemampuan dan uji kenerja (UKMPPG) serta praktik Pembelajaran guna mendapatakan serdik untuk guru profesional.

Sehingga dari jumlah pengadaan kouta tersebut di tahun 2024 ini lebih dari 500.000 

Tentunya skema ini berpeluang untuk kelulusan 100% (persen), untuk mahasiswa ppg dikarenakan UKMPPG hanya materi disesuaikan dengan materi Mengajar. 

Studi kasus dari masing-masing mahasiswa pendidkan guru profesional.

6. Peluang Lulus akan mudah 100%

Tentunya dalam PPG ada Ujian UKMPPG yaang harus lulus dalam ujian tersebut, tentunya Kemendikbudristek telah menyiapkan untuk peserta akan lulus 100% 

Baik itu UP dan UKIN, ini akaan di adakan dalam 2 bulan sekali. Jika dalam 1 tahun akan ada 6 kali ujian. Tentunya ini akan menjadi peserta untuk lulus dalam ujian.

Upaya KEMDIKBUD Sertifikasi Semua Guru Akan Sertifikasi Tahun ini  yang dapat Kami sampaikan, Semoga bermanfaat. Jika Informasi ini bermanfaat Jangan Lupa share terimakasih. 
 
Wassamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.