Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi CPNS dan formasi PPPK 2024 Kemenag Di Sahkan KEMENPANRB

Formasi CPNS dan formasi PPPK 2024 Kemenag
Usulan Formasi Kemenag Sebanyak 110.553

Pada Rabu (29/05), Kementerian Agama menyerahkan formasi CASN kepada seluruh satuan kerja, kantor wilayah, serta perguruan tinggi keagamaan negeri di seluruh Indonesia. Formasi tersebut terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Keyakinan ini muncul setelah Kementerian Penguatan Lembaga Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) menyetujui usulan Kementerian Agama untuk pembentukan CASN 2024.

Pengumuman formasi CPNS dan  PPPK Kementerian Agama Tahun 2024  ditandai dengan sosialisasi dan penugasan Formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kementerian Agama Tahun 2024.

Dengan jumlah formasi yang besar, polemik tenaga non-ASN diharapkan bisa segera terselesaikan. Seperti arahan Presiden, penyelesaian tenaga non-ASN harus menghindari PHK massal, tidak mengurangi pendapatan para non-ASN, hindari pembengkakan anggaran, serta sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kementerian Agama merupakan kementerian yang sangat besar dengan 10.462 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Ali Ramdani, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI

Sementara itu, Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim mengatakan, ekosistem birokrasi tidak boleh lagi klise dengan tumpukan kertasnya. “Kementerian Agama diharapkan bisa merekrut talenta-talenta baru, agar birokrasi kita ke depannya semakin modern dan efisien,” ujar Hakim.

Pak Hakim juga mengingatkan  Kementerian Agama dan sub-departemennya untuk  mengurangi rekrutmen sebanyak mungkin bagi posisi-posisi yang  terdampak transformasi digital. “Kami sangat fokus dalam merekrut talenta digital,” kata Hakim.

Ditegaskan pula juga harus bisa menghindari kecurangan dan mengoptimalkan seluruh media untuk menyampaikan informasi secara transparan dan akuntabel.

Hal ini menjadi salah satu poin utama  arah kebijakan pengadaan ASN pada tahun 2024.

antara lain point tersebut di antaranya :

Petama, Hakim menjelaskan poin lainnya, pengadaan ASN fokus pada  guru dan tenaga kesehatan.

 Kedua, menyelesaikan masalah tenaga non-ASN di instansi pemerintah.

Ketiga, membuka peluang bagi talenta-talenta baru untuk masuk birokrasi melalui seleksi CPNS.

Dan Keempat, mengurangi kebutuhan rekrutmen akibat transformasi digital.

Sekali lagi, Kementerian Agama mempunyai tugas penting untuk merekrut guru agama untuk sekolah dasar dan universitas agama.

Ali mengungkapkan ciri khas ASN Kementerian Agama adalah ASN yang moderat, ASN yang memiliki sikap toleran, anti terhadap kekerasan, akomodatif terhadap budaya, dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat. Moderasi beragama tertuang dalam Peraturan Presiden No. 58/2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama.

Berikut ini Rincian formasi CPNS dan formasi PPPK 2024

 Formasi CPNS Kemenag 2024

- Total: 20.772 formasi

- PPPK guru: 6.992 formasi

- PPPK tenaga teknis: 13.780 formasi

Formasi PPPK Kemenag 2024:

- Total: 89.781 formasi

- PPPK guru: 19.437 formasi

- PPPK tenaga kesehatan: 502 formasi

- PPPK tenaga teknis: 69.842 formasi.